JURNAL PEMBELAJARAN MODUL 1 PPG GURU TERTENTU PENERAPAN PENDEKATAN UbD
Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada
Pembelajaran
Understanding by Design (UbD) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dimulai dengan menentukan tujuan pembelajaran yang jelas dan mendalam, kemudian merancang pengalaman belajar yang akan membantu siswa mencapai tujuan tersebut. Understanding by Design (UbD) merupakan suatu pendekatan dalam merencanakan pembelajaran yang menekankan pada pemahaman mendalam peserta didik terhadap materi pelajaran yang diajarkan. Ada tiga langkah utama yang perlu dilakukan dalam merencanakan pembelajaran dengan prinsip UbD, yaitu menentukan tujuan pembelajaran, menentukan asesmen pembelajaran, dan merancang aktivitas pembelajaran.
UbD merupakan sebuah istilah yang merefleksikan pendekatan atau sebuah rancangan untuk kegiatan belajar mengajar dengan memiliki beberapa prinsip termasuk diantaranya adalah Merencanakan pembelajaran. Sebagai seorang guru harus bisa merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, profil belajar dan latar belakang siswa. Mengembangkan kemampuan siswa melalui konsep utama. Dalam pembelajaran, guru harus mampu memperluas pengetahuan siswa dengan melaksanakan pembelajaran bermakna dan tanggap terhadap kebutuhan siswa. Mendorong agar siswa dapat memaknai pembelajaran secara mandiri dengan adanya bukti kinerja yang otentik. Setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda, sebagai guru harus bisa mendorong siswa agar mampu memaknai pembelajaran yang mereka lakukan. Memberikan pengalaman belajar yang menarik. Sebagai seorang guru, merancang pembelajaran yang efektif dimulai dengan merancang tujuan pembelajaran berdasarkan hasil belajar yang diberikan. Melakukan refleksi secara rutin terhadap bagaimana pembelajaran dilaksanakan dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas belajar siswa.
Rancangan pembelajaran berbasis UbD :
Menentukan tujuan pembelajaran
Menentukan tujuan pembelajaran merupakan hal yang paling mendasar dalam pembelajaran UbD. Dalam menentukan tujuan pembelajaran perlu diperhatikan yaitu : karakteristik mata pelajaran, karakteristik peserta didik, konsep/topik yang dipelajari dan konteks lingkungan pembelajaran. Apa yang ingin siswa fahami secara mendalam setelah pembelajaran lalu Keterampilan apa yang ingin dikembangkan pada siswa? (Misalnya: berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi)
Menentukan asesmen atau penilaian
Mencakup 3 penilaian, antara lain :
v Penilaian
Awal: Untuk mengetahui pengetahuan awal siswa.
v Penilaian
Formatif: Untuk memantau perkembangan pembelajaran siswa selama proses.
v Penilaian Sumatif: Untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan.
Merancang kegiatan
Kegiatan pembelajaran yang dirancang perlu melibatkan perencanaan yang cermat untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif dan bermakna. Kegiatan pembelajaran seharusnya tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga menstimulasi pemikiran kritis, refleksi, dan aplikasi konsep dalam konteks yang relevan.
Ide apa
yang Bapak/Ibu guru dapatkan setelah belajar topik ini?
Setelah mempelajari topik ini saya menjadi semangat tergerak untuk merancang pembelajaran menggunakan pendekatan UbD. Dengan harapan setelah menerapkan pembelajaran UbD siswa dapat belajar sesuai kebutuhan yang diperlukan secara maksimal.
Perencanaan pembelajaran seperti apa yang relevan yang dikembangkan di sekolah bapak/ibu guru? Buatlah aksi nyata dengan mengembangkan pembelajaran UbD?
Saya akan membuat rancangan pembelajaran menggunakan pendekatan UbD yaitu Membuat tujuan pembelajaran, Menentukan alur tujuan pembelajaran melalui capaian pembelajaran, Memilih strategi, model dan metode pembelajaran yang tepat, Menentukan desain pelaksanaan pembelajaran yang menarik, Refleksi.
AKSI NYATA
Capaian
Pembelajaran
v Peserta didik menunjukkan pemahaman dan
memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka
dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan,
serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan
Pembelajaran
v Memahami cara
merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai
bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.
v Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti
melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.
v Mampu membaca, menulis
serta menentukan nilai tempat bilangan cacah.
Kegiatan
Pembelajaran
v Guru menyapa siswa, berdo’a, menanyakan kehadiran ,
apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
v Guru bersama siswa melaksanakan kegiatan
pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah dibuat.
v Murid membentuk kelompok sesuai dengan gaya
belajarnya. Kemudian guru memberikan LKPD untuk di diskusikan dan dikerjakan
secara berkelompok .Setelah selesai mengerjakan siswa beserta kelompoknya maju
kedepan untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
v Setelah siswa melakukan presentasi guru memberikan
umpan balik dan refleksi dari hasil presentasi kelompok.
v Setelah memberikan umpan balik dari presentasi guru
memberikan LKPD untuk dikerjakan secara individu untuk mengukur tingkat
pemahaman siswa dan untuk memperbaiki pembelajaran selanjutnya.
v Setelah selesai melihat hasil pekerjaan dari siswa.
Guru bersama siswa menyimpulkan apa yang telah di pelajari hari ini.
v Guru dan siswa melakukan refleksi tentang apa yang telah dipelajari dan bagaimana perasaan siswa setelah melaksanakan pembelajaran hari ini.
0 Response to "JURNAL PEMBELAJARAN MODUL 1 PPG GURU TERTENTU PENERAPAN PENDEKATAN UbD"
Post a Comment